Senin, 07 Maret 2011

Bahan Berbahaya dalam kosmetik

Bahan Berbahaya dalam Kosmetik. Beberapa bahan berbahaya yang terkandung dalam kosmetik di pasaran adalah sebagai berikut:
1. Merkuri merupakan logam berat berbahaya. Penggunaan merkuri dalam krim pemutih dapat menyebabkan berbagai efek seperti perubahan warna kulit yang menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit, alergi dan iritasi kulit. Penggunaan jumlah merkuri yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan permanen otak, ginjal, dan gangguan perkembangan janin. Dalam jangka pendek bisa menyebabkan muntah, kerusakan paru-paru dan kanker.
2. Hydroquinone adalah agen mengurangi larut dalam air dan umumnya digunakan dalam proses (skin pencucian mencetak gambar pigment) Hidroquinon kemampuan untuk menghambat pembentukan melanin (pigmen kulit) membuatnya menjadi bahan kosmetik yang populer, yaitu untuk produk pemutih kulit.Namun, penggunaan Hydroquinone dalam jangka panjang dan dosisi tinggi dapat membuat kulit merah dan terbakar serta kelainan pada ginjal, kanker darah dan kanker sel hati.
3. Lauril natrium sulfat (SLS) sering ditemukan dalam produk sabun, campuran sampo, pasta gigi, dan membersihkan tubuh. SLS adalah dapat memicu iritasi. SLS juga mengandung formalin yang bisa memicu alergi, asma, sakit kepala, depresi, pusing, dan nyeri sendi. SLS besar dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan katarak dan mengganggu kesehatan mata anak pada anak-anak.
4. Pewarna Rhodamin adalah pewarna sintetis yang umumnya digunakan sebagai pewarna kertas, tekstil atau tinta. Pigmen ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan merupakan zat karsinogenik. Rhodamin dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.
5. Dye Merah K.3 (CI 15.585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Orange K.1 (CI 12.075) adalah pewarna sintetis yang umumnya digunakan sebagai pewarna kertas, tekstil atau tinta. Ini zat pewarna karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Rhodamin B dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.
6. Paraben Bahan Pengawet. Paraben digunakan terutama di kosmetik, deodoran, dan beberapa produk perawatan kulit lainnya. Zat ini dapat menyebabkan kemerahan dan reaksi alergi pada kulit. Penelitian terbaru di Inggris menyebutkan bahwa ada hubungan antara penggunaan paraben dengan meningkatnya insiden kanker payudara pada wanita.  Ada juga disebutkan bahwa paraben konsentrasi sangat tinggi pada 90% kasus kanker payudara dipelajari.
7Propylene Glycol. Ditemukan pada beberapa produk kecantikan, kosmetik dan pembersih wajah. Zat ini dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan dermatitis kontak. Sebuah studi baru-baru ini juga menunjukkan bahwa zat ini dapat merusak ginjal dan hati.
8. Isopropyl Alkohol. Alkohol digunakan sebagai pelarut dalam beberapa produk perawatan kulit.. Zat ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan kerusakan pada lapisan kulit asam sehingga bakteri dapat berkembang. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan penuaan dini.
9. DEA (Diethanolamine), TEA (Triethanolamine) dan MEA (Monoethanolamine). Bahan ini ditemukan dalam bentuk jamak kosmetik dan produk perawatan kulit.Bahan berbahaya ini dapat menyebabkan reaksi alergi dan yang diharapkan penggunaan jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker ginjal dan hati.
10. Mineral minyak. Mineral minyak terbuat dari turunan minyak bumi dan sering digunakan sebagai bahan baku untuk membuat krim tubuh dan kosmetik, Baby oil dibuat dengan 100% minyak mineral. Minyak ini akan melapisi kulit seperti mantel sehingga pengeluaran racun dari kulit menderita. Hal ini akan menyebabkan jerawat dan keluhan kulit lainnya.
11. Polyethylene glycol (PEG). Materi ini digunakan untuk mengentalkan produk kosmetik.. PEG akan mengganggu kelembaban alami kulit yang menyebabkan penuaan dini dan kulit menjadi rentan terhadap bakteri.
12. Retinoat asam / tretinoin / asam retinoic dapat menyebabkan kulit kering, sensasi terbakar, teratogenik (cacat pada janin).
Tips Memilih Kosmetik Kecantikan Alat untuk Perempuan
Isi bahan yang berbahaya bagi produk-produk kecantikan yang tidak harus membuat kita takut untuk menggunakan produk-produk kecantikan yang membantu meningkatkan penampilan perempuan.Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya.Untuk mencegah bahaya kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti itu ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, antara lain:
1. Memilih produk yang terdaftar di pemerintah. Hal ini dapat dilihat dari tanda nomor kode produk.
2. Pilih produk yang diawasi tim medis / dokter. Ada banyak produk dalam pengolahan di bawah pengawasan spesialis, termasuk produk-produk kosmetik yang dibuat di negeri ini.
3. Menggunakan produk kosmetik memerintahkan dokter, terutama dokter yang ahli dalam kulit dan kosmetik.
Oleh karena itu, sebagai seorang wanita dan seorang konsumen kosmetik begitu saja kita mengetahui isi dari materi yang terdapat pada produk kecantikan tersebut sebelum memutuskan untuk membeli produk. Hal ini dilakukan agar kita menghindari zat-zat yang berbahaya dalam produk kecantikan dan tidak boleh tertipu oleh kata ‘alami’ dan ‘organik’ pada produk kemasan. Selektif dalam memilih kosmetik yang aman untuk kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar